Selamat Datang Di Blog Bisnis Online Terpercaya www.maslukis.com


Minggu, 29 Mei 2016

Sepeda Motor Hasil 3D Printing yang Bisa Dikendarai Ini Dibanderol Rp700 Jutaan

Banyak yang mengira bahwa pencetakan tiga dimensi atau 3D printing hanya terbatas untuk mencetak rangka atau bagian bodi untuk tujuan medis, namun teknologi 3D printing kini kian berkembang karena teknologi tersebut sudah bisa mencetak kendaaraan bermotor.
Light Rider- 1
Motor yang dicetak secara tiga dimensi tersebut hadir berkat Airbus, anak perusahaan APWorks yang berhasil membuat sepeda motor pertama didunia yang diproduksi menggunakan 3D printing. Namun apakah peryataan bahwa sepeda motor buatan APWorks itu merupakan yang pertama di dunia?
Karena sepeda motor yang dicetak menggunakan 3D printing merupakan sesuatu yang baru, wajar saja bila itu disebut yang pertama. Namun sebenarnya di awal tahun ini, seorang pria berhasil mencetak sepeda motor Honda CB500 1972 menggunakan 3D printing, namun itu hanyalah replika yang mana tidak bisa berfungsi layaknya sepeda motor sesungguhnya.

Sementara motor bernama “Light Rider” ini berbeda, sepeda motor ini benar-benar memiliki fungsi layaknya sepeda motor sungguhan. Namun bagi yang berminat memiliki sepeda motor hasil 3D printing ini akan dikenai biaya sebesar € 50.000 atau sekitar Rp 768 jutaan. Harga yang sangat fantastis untuk sebuah sepeda motor, namun mengingat produksinya menggunakan 3D printing, wajar bila motor tersebut dibanderol dengan harga yang sangat tinggi.
Light Rider
Bahan yang digunakan adalah lelehan partikel miniscule aluminium alloy yang membantu beban menjadi lebih ringan, dan menurut perusahaan beratnya hanya 77 pound atau 34 kg. Ini juga mendukung mesin yang memungkinkan untuk melaju dari 0 hingga 50 mil dalam hitungan beberapa detik. Memang kecepatannya tidak sama dengan sepeda motor konvensional, namun itu cukup mengagumkan untuk kendaraan yang dicetak menggunakan 3D printing.

Dengan desain yang futuristik, sepeda motor ringan ini diklaim merupakan perpaudan antara desain yang ringan dan kekuatan yang mampu menahan kerasnya penggunaan sehari-hari di jalanan. Perusahaan ini mengumumkan bahwa mereka hanya berencana untuk membuat sekitar 50 unit, jadi kita bisa menduga bahwa sepeda motor itu akan terjual habis dalam waktu cepat.


Baca Juga:

Comments
0 Comments
 
Copyright © 2018. Info Hari Ini . All Rights Reserved
Jl. Delta Raya Utara Kav. 49 - 51 Deltasari Baru, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
PT. Bimasakti Multi Sinergi