Selamat Datang Di Blog Bisnis Online Terpercaya www.maslukis.com


Kamis, 11 Agustus 2016

11 Bahasa Pemrograman Teratas Yang Harus Kamu Ketahui di 2016

Jika kamu sudah membaca artikel ini, kemungkinan kamu sudah tau beberapa bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah sebuah alat, kita programmer menggunakannya untuk menginstruksikan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu.

Kode yang kita tulis mengurusi semua hal yang sebuah program dapat lakukan, termasuk kondisi dimana ada sebuah kemungkinan program yang kita buat mungkin gagal. Hari ini saya akan membuat daftar 11 Bahasa Pemrograman Teratas Yang Harus Kamu Ketahui di 2016.



Pemrograman adalah kegiatan yang sangat menyenangkan karena kita bisa mempelajari seluk-beluk bahasa pemrograman yang kita pelajari dan bagaiamana cara kita mengatasi semua permasalahan yang mungkin akan kita alami ketika membuat sebuah program.

Bagian yang paling menantang adalah ada saat ketika kita harus memecahkan masalah dan itu bisa memakan waktu sampai berjam-jam, namun ketika program yang kita buat itu sudah selesai, rasanya sangat menyenangkan. Apalagi jika hasilnya memuaskan, kerja keras kita, waktu yang kita gunakan, semuanya terbayarkan.

Tetapi, apakah kamu pernah bertanya-tanya bahasa pemrograman apa yang kamu harus pelajari terlebih dahulu? Bahasa pemrograman apa yang paling banyak orang mempelajarinya? Jawabannya bisa bervariasi sesuai dengan kebutuhan orang tersebut, dan tidak ada jawaban tertentu.Tapi, yang terbaik yang bisa saya lakukan adalah membuat daftar 11 Bahasa Pemrograman Teratas Yang Harus Kamu Ketahui di 2016.

11 Bahasa Pemrograman Teratas Yang Harus Kamu Tau di 2016

1. Java

Tingkat Kesulitan: Sedang

Java adalah salah satu bahasa pemrograman paling top saat ini dan paling banyak digunakan untuk Android Operating System. Java adalah bahasa serbaguna, mendukung object-oriented programming.

Java juga bisa digunakan untuk membuat sebuah website mengagumkan dan aplikasi web tingkat perusahaan yang memecahkan masalah di masa depan. Aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java sangat luas dan didukung oleh Google App Engine untuk tujuan hosting.

Fitur dari Java: 
  • Mudah ditulis dan men-debug-nya.
  • Object-Oriented Language murni.
  • Multithread dan arsitektur netral.
Pelajari lebih lanjut Java: Java Oracle


2. JavaScript

Tingkat Kesulitan: Mudah-Sedang

JavaScript adalah bahasa pengantar web dan juga bahasa pemrograman no.2 dalam daftar ini. Tanpa JavaScript, kita tidak akan pernah mampu memanipulasi elemen-elemen HTML DOM dan menciptakan interaksi front-end menakjubkan dengan pengguna.

JavaScript telah banyak berkembang selama 10 tahun terakhir dan sekarang, banyak framework JavaScript yang digunakan berdasarkan kesuksesannya. Seperti Angular.js, Ember.js dan lainnya yang memberikan nilai lebih terhadap bahasa pemrograman ini.

Fitur dari Javascript:
  • Mirip bahasa C.
  • Mendeteksi browser dan memuat informasi spesifik browser.
  • Mendukung fungsi dan Object-Oriented Programming.
  • Bisa digunakan untuk memvalidasi input pengguna.
Pelajari lebih lanjut JavaScript: MDN Javascript


3. PHP

Tingkat Kesulitan: Mudah

PHP (Hypertext Preprocessor) adalah salah satu bahasa pemrograman server-side yang paling banyak digunakan di dunia. PHP yang berorientasi CMS sudah sangat populer di pasaran. Beberapa CMS populer yang menggunakan PHP sebagai bahasa intinya dalah Wordpress, Magento, Joomla, dan masih banyak lagi.

PHP juga menawarkan banyak framework yang bisa kita gunakan, beberapa diantaranya Yii, CodeIgniter, CakePHP, Symphony, Laravel dan masih banyak lagi.

PHP bekerja sangat baik dengan aplikasi yang berorientasi database, dan sangat banyak manfaatnya, jika digunakan dengan benar. Facebook juga telah meluncurkan versi modifikasi dari PHP, yang dikenal dengan bahasa pemrograman HACK.

Fitur dari PHP:
  • Mendukung OOP.
  • Bekerja sangat baik dengan HTTP.
  • Menangani data dengan efisien.
  • dan masih banyak lagi.
Pelajari lebih lanjut PHP: PHP


4. C++

Tingkat Kesulitan: Sulit

Jika kamu tertarik dengan low-level programming language (bahasa pemrograman tingkat rendah), maka hal itu tidak akan terlihat lagi di C++. C++ terkenal dengan sistem yang disebut library dan dapat digunakan untuk mengontrol setiap aspek dari sistem operasi.

Generasi DirectX sekarang semuanya dikembangkan dalam bahasa C++.

Fitur dari C++:
  • Dibangun atas bahasa paling populer, C.
  • Mendukung OOP
  • Mendukung fungsi.
Pelajari lebih lanjut C++: ISOCPP


5. C#

Tingkat Kesulitan: Sedang, Mudah jika sudah mengetahui Java.

C# (dibaca: C Sharp) adalah salah satu saudara terdekat Java, tapi hanya bekerja pada platform Windows. C# adalah salah satu bahasa teratas karena membantu programmer membuat aplikasi web modern dengan .NET Framework dan Azure.

Kamu juga bisa membuat aplikasi yang dapat bekerja di Desktop, seperti perangkat portabel Windows. Untuk gaming, sebuah gaming development engine yang populer yaitu Unity, semuanya dibuat menggunakan C# sebagai bahasa utamanya.

Fitur dari C#:
  • Mirip bahasa Java.
  • OOP Murni.
  • Bisa digunakan hampir untuk apa saja seperti web programming dan game programming.
Pelajari lebih lanjut C#: C#


6. Python

Tingkat Kesuiltan: Mudah

Python merupakan bahasa pemrograman singkat. Ada banyak kursus online dari Udacity, Coursera, dan kursus online lainnya.

Python merupakan bahasa yang multi-purpose yang dapat digunakan untuk membangun hampir apa saja. Bahkan, hal lain yang mengejutkan tentang python adalah penggunaannya dalam data ilimiah dan upaya ilmiah lainnya.

Fitur dari python:
  • Sederhana dan mudah dipelajari.
  • Bahasa yang paling banyak digunakan oleh ilmuwan.
  • Mendukung OOP dan fungsi.
  • Digunakan sebagai bahasa pengantar untuk programmer pemula.
Pelajari lebih lanjut Python: Python


7. Ruby

Tingkat Kesulitan: Mudah-Sedang

Jika kamu ingin memulai sebuah proyek yang membutuhkan pengembangan tangkas dan juga mengembangkan prototipe secara cepat, maka Ruby cocok untuk anda.

Aplikasi web dapat dibangun menggunakan framework Ruby on Rails dan sumber tutorial dapat di temukan di internet, baik yang gratis maupun berbayar. Dan juga platform pembelajaran Ruby secara online seperti Udacity, Coursera dan lain-lain.

Fitur dari Ruby:

  • Mendukung fungsi dan OOP.
  • Mudah dipelajari untuk programmer pemula.
Pelajari lebih lanjut Ruby: Ruby


8. Objective-C

Tingkat Kesulitan: Tergantung

Objective-C adalah pendahulu dari bahasa pemrograman iOS, Swift. Dan bahasa ini masih banyak digunakan untuk pemrograman iOS. Apple telah merilis baik XCode dan Objective-C yang bekerja sama untuk menciptakan aplikasi untuk sistem operasi mereka.

Fitur dari Objective-C:
  • Membuat aplikasi untuk sistem operasi iOS.
  • Mempunyai komunitas besar.
Pelajari lebih lanjut Objective-C: Objective-C


9. Perl

Tingkat Kesulitan: Tergantung

Perl dikenal sebagai salah satu bahasa pemrograman yang rumit dan juga umum sebagai salah satu bahasa

yang digunakan oleh peretas. Dapat digunakan untuk keamanan cyber dan menawarkan alat untuk scripting cepat.

Fitur dari Perl:

  • Sebuah bahasa pemrograman sederhana untuk menulis program kompleks.
  • Menawarkan tahap dimana hacker menampilkan kode mereka untuk mendapatkan supremasi.
Pelajari lebih lanjut Perl: Perl


10. R

Tingkat Kesulitan: Sedang

R tidak benar-benar bahasa pemrograman, ini merupakan salah satu bahasa statistik populer yang digunakan oleh ilmuwan di seluruh dunia.

Fitur dari R:
  • Mendukung I/O Files.
  • Mendukung OOP.
  • Komputasi Terdistribusi.
Pelajari lebih lanjut R: R


11. Swift

Tingkat Kesulitan: Tergantung

Hanya satu tahun, bahasa ini bahasa ini telah membawa banyak kesempatan kepada pengembang iOS dalam hal fitur baru, yang mungkin termasuk menulis kode lebih singkat dan mengembangkan kode lebih cepat.

Fitur dari Swift:
  • Modern.
  • Didesain untuk keamanan.
Pelajari lebih lanjut Swift: Swift

Itulah dia 11 Bahasa Pemrograman Teratas Yang Harus Kamu Ketahui di 2016, kamu bisa mulai memilih untuk mempelajari bahasa pemrograman dari yang paling mudah ataupun yang paling populer digunakan saat ini. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Stay tune with us, and Enjoy!



Baca Juga:

Comments
0 Comments
 
Copyright © 2018. Info Hari Ini . All Rights Reserved
Jl. Delta Raya Utara Kav. 49 - 51 Deltasari Baru, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
PT. Bimasakti Multi Sinergi