Selamat Datang Di Blog Bisnis Online Terpercaya www.maslukis.com


Minggu, 21 Agustus 2016

Cara Memperpanjang Domain di IDwebhost

Tahun lalu, blog ini mengontrak sebuah domain di salah satu penyedia domain dan hosting di indonesia, yaitu Idwebhost. Saya sangat ingat sekali, bahwa saat itu domain yang saya kontrak hanya seharga Rp 95.000 per tahun (Sekarang Rp. 110.000). Sangat murah sekali, jika dibandingkan dengan penghasilan yang bisa diperoleh blog ini setelahnya. 

Dahulu, saya hanya mengontrak domain di IDwebhost selama satu tahun saja. Hal itu saya lakukan karena saya pikir, saya perlu untuk melihat perkembangan blog ini terlebih dahulu. saya perlu melihat perkembangan earning yang diperoleh blog ini sejauh apa, kemudian baru memutuskan apakah blog ini lebih pantas menggunakan domain TLD ataukah lebih baik menggunakan domain gratis (blogspot) saja. Namun, jika dilihat dari kondisi saya saat ini, sebenarnya saya cukup menyayangkan kenapa saya dahulu mengontrak domain hanya untuk satu tahun saja. Seharusnya saya mengontrak domain blog ini untuk 5 tahun di Idwebhost, sebab menurut saya pribadi kualitas domain dan layanan disana memang bagus.

Januari nanti adalah akhir masa kontrak domain TLD dari blog ini. Sebab itu, di awal januari kemarin saya coba untuk masuk ke akun idwebhost yang saya miliki untuk mencoba melakukan perpanjangan domain. Disana bisa terlihat lebih jelas bahwa ternyata, masa kontrak domain blog ini hanya tinggal 43 hari lagi.

Akun saya di Idwebhost

Lika-Liku Biaya memperpanjang sebuah domain
Gambaran situs lain
Dahulu. ketika saya melakukan riset tentang harga domain di indonesia. saya mendapati bahwa di beberapa situs (tidak semua) penyedia hosting dan domain, kebanyakan situs memberikan harga domain yang berbeda-beda tergantung masa kontraknya. Misal  :
01 tahun Kontrak = Rp. 100.000
02 tahun Kontrak = Rp. 250.000
03 tahun Kontrak = Rp. 390.000

Hal tersebut memunculkan pertanyaan di dalam diri saya. sebenarnya berapakah harga domain pertahun di situs tersebut? Bagaimana jika saya hanya melakukan kontrak selama 1 tahun. Kemudian pada akhirnya saya berniat melakukan perpanjangan kembali selama satu tahun. Berapakah harga yang harus saya keluarkan di masa perpanjangan itu? Rp. 100.000 lagi, ataukah saya perlu membayar sekitar Rp. 150.000. kemudian, bagaimana jika nanti saya ingin memperpanjang kembali di tahun berikutnya?

Gambaran situs Idwebhost
Seperti halnya beberapa situs penyedia domain lain. Salah satu hal yang saya suka dari IDwebhost adalah mereka memiliki harga domain yang linier. Harga domain linier ini mengartikan bahwa harga kontrak domain pertahun  benar-benar sama.  Perhatikan saja contoh harga domain berikut :
01 tahun Kontrak = Rp. 110.000
02 tahun Kontrak = Rp. 220.000
03 tahun Kontrak = Rp. 320.000

Data tersebut menunjukan bahwa harga pertahun untuk kontrak sebuah domain di IDwebhost adalah sama. Sehingga hal yang perlu dipertanyakan berikutnya hanyalah, apakah harga memperpanjang sebuah domain di IDwebhost, sama seperti harga kontrak pertahun? 
(Jawab : Ya)


Pengalaman memperpanjang domain di Idwebhost
Melakukan permintaan perpanjangan
karena saya punya cukup waktu luang di hari itu, dan kebetulan saya sedang memiliki dana yang cukup. Maka sebelum waktu 43 hari itu berakhir saya melakukan perpanjangan domain di idwebhost, untuk blog pelajarterbaik ini.

Akun saya di Idwebhost
Untuk melakukan perpanjangan domain, kita bisa masuk melalui menu domain, kemudian pilih perpanjangan domain, hingga kita bisa dapati gambar seperti diatas. Beri ceklis, kemudian pilih berapa tahun kita ingin memperpanjang domain tersebut, lalu klik order sekarang.

Akun saya di Idwebhost
Disana tampil cukup jelas berapa biaya yang harus kita bayar. Memang tidak benar-benar tepat Rp 110.000, sebab ada beberapa angka lain dibelakang angka 110 tersebut. Angka-angka ini, sepertinya merupakan fitur baru milik idwebhost untuk melakukan pengecekan dana yang masuk kerekening mereka. Sebab tahun lalu, hal seperti itu belum diterapkan. Dibagian atas, kita bisa memasukan kode promosi jika kita memilikinya. Namun jika tidak ada, kita bisa langsung klik selesaikan pemesanan

Pembayaran dan konfirmasi
Setelah melakukan permintaan perpanjangan domain di akun IDwebhost. Hal berikutnya yang perlu kita lakukan adalah melakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran. Segala hal yang harus kita lakukan ada di pesan (email) yang dikirimkan oleh IDwebhost. Jadi, silahkan saja buka email yang kita miliki. 

Demikianlah artikel sederhana dari saya, tentang cara memperpanjang domain di IDwebhost. Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran bagi kalian tentang bagaimana cara melakukan perpanjangan domain. jangan lupa, berikan komentar di cbox anda tentang artikel ini.


Baca Juga:

Comments
0 Comments
 
Copyright © 2018. Info Hari Ini . All Rights Reserved
Jl. Delta Raya Utara Kav. 49 - 51 Deltasari Baru, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
PT. Bimasakti Multi Sinergi