Selamat Datang Di Blog Bisnis Online Terpercaya www.maslukis.com


Senin, 22 Agustus 2016

Virus Komputer Beserta Jenis dan Cara Mengatasinya

Selamat datang kembali di maslukis.com, Kali ini saya akan membahas mengenai virus komputer, Virus komputer adalah virus yang sangat menyebalkan bagi kita pengguna perangkat komputer, Betapa tidak virus ini bisa tiba-tiba masuk dan menggangu kinerja komputer kita, banyak sekali yang bisa di lakukanh oleh virus ini, seperti komputer menjadi lemot, hilangnya data kita, bahkan ada beberapa virus komputer yang bisa merusak OS kita, tentu ini sangat mengganggu aktivitas kita. Berikut maslukis.com telah merangkum pengertian, jenis beserta cara mengatasinya.


Pengertian Virus Komputer

Virus komputer adalah sebuah  program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri  dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Cara kerja Virus Komputer

Kebanyakan virus komputer  dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.

Hal paling menjengkelkan dari virus komputer adalah kemampuanya memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac dll.

Jenis-Jenis Virus Komputer

Ternyata virus komputer tidak hanya ada satu jenis, Virus komputer mempunyai banyak jenis dan di antara jenis-jenis tersebut mempunyai fungsi pengrusak yeng berbeda-beda, Berikut ini macam-macam jenis virus yang telah orangbejo.com rangkum buat anda.
  1.  Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  2. Rogue - merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  3. Rootkit - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  4. Polymorphic virus - Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  5. Metamorphic virus - Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  6. Virus ponsel - Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.
  7. Worm - Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  8. Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  9. Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game Refrensi : wikipedia

Cara mengatasi virus komputer

Cara yang paling ampuh mengatasi virus komputer adalah mengguakan antivirus, Antivirus dapat mendeteksi selanjutnya menghapus virus yang terdeteksi olehnya, Banyak jenis antivirus yang sudah terbukti dapat mengatasi virus pada PC anda, beberapa anti virus adalah buatan luar negri, namun ada juga buatan indonesia yang sudah terbukti ampuh untuk membasni virus komputer.

Catatan Virus komputer setiap saat akan mengalami pembaharuan (update), maka sobat sangat di sarankan untuk selalu meng update juga anti virus yang ada di perangkat komputer sobat.


Demikian artikel mengenai Pengertian Virus Komputer Beserta Jenis dan Cara Mengatasinya, Semoga bermanfaat bagi pembaca maslukis.com, Terima kasih :)



Baca Juga:

Comments
0 Comments
 
Copyright © 2018. Info Hari Ini . All Rights Reserved
Jl. Delta Raya Utara Kav. 49 - 51 Deltasari Baru, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
PT. Bimasakti Multi Sinergi