Selamat Datang Di Blog Bisnis Online Terpercaya www.maslukis.com


Senin, 17 Oktober 2016

Waspada : Hati-Hati dengan Penawaran Kredit Tanpa Agunan, Setidaknya Ketahui Dulu 5 Hal ini


5 Hal Harus Diketahui Tentang Pinjaman Tanpa Agunan

IYAAA, gw pernah pake KTA. Meskipun gw gencar promosi tentang reksadana, gw juga tahu dan pernah pake KTA. Dan tulisan ini perdana ngebahas tentang KTA karena kemaren di grup rame ngebahas tentang fasilitas pinjaman yang luar biasa gampang ini. Kayaknya teman-teman lagi rame dapet tawaran lewat SMS atau lewat telepon. Aselik, tawaran KTA kan menggiurkan kan ya. Proses sehari jadi. Selesai dalam tempo sesingkat-singkatnya.

Ekspresi Waktu Pinjaman Tanpa Agunan Diapprove
Ekspresi Waktu Pinjaman Tanpa Agunan Diapprove

Gw dulu pake KTA Mandiri karena proses yang luar biasa cepet. Maklum, pegawai bank yang sama jaman dulu itu. Jadi gak ada proses verifikasi ke rumah gw lalalili, tiba-tiba duit langsung cair sekian puluh juta. terasa orang kaya deh dulu.

Awal dulu suka bingung kenapa kok tiba-tiba ditawarin duit sampe puluhan juta rupiah tanpa proses ribet berbelit-belit. Ya namapun manusia hidup butuh duit kan yes? Ada yang nawarin ya ambil ajalah itu mumpung ada yang kasih! Not!

Sebelum kalian ajukan pinjaman KTA atau terima tawaran pinjaman tanpa agunan, pastikan kalian benar-benar tahu tentang KTA ini.

Sebelum kalian ajukan pinjaman KTA atau terima tawaran pinjaman tanpa agunanp, pastikan kalian benar-benar tahu tentang KTA ini.

Inilah 5 Hal Harus Diketahui Tentang Pinjaman Tanpa Agunan:

1. A di KTA itu Menunjuk Ke Agunan bukan Angsuran

Hahahaha! Seriously, A dari KTA itu Agunan, jadi KTA itu kepanjangannya Kredit TANPA Agunan. Agunan itu jaminan, collateral. Kalo pinjem ke bank harus ada jaminannya kan yes? Memang ada sih pinjaman tanpa angsuran yang mana langsung bayar duit yang dihutang pas jatuh tempo, tapi percayalah bukan itu kasusnya untuk KTA. 😀

KTA ini pinjaman tanpa agunan dari bank yang langsung dikasih ke kita tanpa harus sediain jaminan berupa rumah, tanah, duit, emas atau apapun. Duit langsung dikasih ke kita. Enak dong? Enak banget, gak perlu kuatir mikirin nanti rumah atau bangunan buat dijadiin jaminan. Kan biasanya yang paling ribet dari proses kredit adalah jaminannya kan ya (selain bayar angsurannya sih :P)? Proses pengikatan jaminan kadang butuh cek ke BPN dan sebagainya.

Agunan/jaminan buat bank itu salah satu cara bank buat mengamankan asetnya dan jadi pertimbangan… CLICK TO TWEET

Jadi kalo sewaktu-waktu terima ucapan selamat dan ditawarin pinjaman lewat telepon tanpa harus kasih jaminan atau apapun, inget-inget itu bisa jadi KTA.

2. Risiko Peminjam Tercermin di Bunga

Kenapa sih jaminan penting? Karena oh karena bank melindungi risiko yang harus mereka hadapi dengan jaminan yang mereka terima. Jadi kayak misalkan KPR buat beli rumah, ya rumah yang dikredit ke bank itu jadi jaminannya. Kalo misalkan sewaktu-waktu orang yang berhutang itu gak mampu bayar, bank tinggal jual rumah. Masalah selesai.

Lha kalo pinjaman tanpa agunan? tanpa jaminan kayak KTA gini? Ya bank bener-bener kudu rely sama si peminjam. Kalo misalkan si peminjamnya kabur ya udah deh.

Risiko yang dihadapi bank dicerminkan juga pada besaran bunga yang dibebankan kepada nasabah,… CLICK TO TWEET

Di sinilah bank kemudian ngitung dengan formula super canggih mereka besaran risiko buat produk KTA dan berdasarkan probabilitas yang ada, mereka tentukan risiko yang bisa mereka terima dan tingkat risiko itu diwujudkan dalam bentuk bunga pinjaman! Yak! Itulah kenapa bunga pinjaman KTA jauh lebih tinggi dibandingkan kredit yang lain. Malah kalo bisa dibilang bunga KTA adalah yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis pinjaman lain.

Suku Bunga Pinjaman Tanpa Agunan itu Mengejutkan Suku Bunga Pinjaman Tanpa Agunan itu Mengejutkan

Suku Bunga Pinjaman Tanpa Agunan itu Mengejutkan
Suku Bunga Pinjaman Tanpa Agunan itu Mengejutkan

3. Lebih Cepet Disetujui Kalau Pegawai Kerja di Perusahaan yang Kerja Sama dengan Bank

Jadi, triknya kalo mau ngajuin KTA, usahakan kerja selama minimal setahun (tergantung banknya sih menetapkan minimal berapa lama periode kerjanya) di sebuah perusahaan. Baru apply KTA. Kenapa? Karena bank pengen ngelihat kestabilan penghasilan buat pembayaran ke depannya.

Lebih cepet lagi kalo misalkan ngajuin KTAnya ke bank yang kerjasama dengan perusahaan tempat kita kerja. Misalkan aja kantor/perusahaan pembayaran gajinya lewat Mandiri, kemungkinan akan lebih besar mengajukan KTA Mandiri dan seterusnya dan sejenisnya.

Kenapa begitu? Karena mereka akan lebih mudah untuk cek mutasi rekening dan atau kemudian proses pendebetan otomatis. Kalau misalkan yang apply ga punya slip gaji, gak kerja di perusahaan yang kerjasama dan gak punya bukti dana mengendap di bank?

4. Suku Bunga Flat

Ini nih yang paling suka bikin orang kepincut sama KTA. Marketingnya dengan menyebutkan suku bunga flat waktu nelepon.

“Selamat Pak! Bapak terpilih untum dapat fasilitas uang tunai sebesar Rp. 50 juta dengan bunga cuma 1.15% per bulan. Cicilannya ringan loh Pak… “

Nah kalo ditelepon gitu kan kedengernya mursida toh ya. Setahun cuma 13.8% setahun. Tapi inget itu bunga flat yang dipakai. Maksudnya flat adalah bunga langsung dikalikan dengan jangka waktu dan nominal pinjaman. Jadi hitungan totalnya loan bakalan kek gini:

Jumlah loan + (Jumlah loan x bunga flat x jangka waktu)

Ekspresi waktu tahu Bunga Efektif Pinjaman Tanpa Agunan
Ekspresi waktu tahu Bunga Efektif Pinjaman Tanpa Agunan

Jadi meskipun sudah jalan dua tahun dan sudah ngangsur, penghitungan bunga tetap dikenakan ke saldo pinjaman awal. Ini bedanya dengan bunga efektif. Karena bunga efektif adalah benar-benar perhitungan terhadap saldo pokok terhutang, angkanya akan lebih besar kalo dibandingkan dengan bunga flat.

5. Lebih Pendek Lebih Baik

Yes, kalo misalkan memang harus ambil KTA, lebih pendek jangka waktunya lebih baik. Berlawanan sama investasi yang semakin lama semakin baik, apalagi kalau investasi di pasar modal. Maksudnya lebih baik gimana ini Dan? Dalam hal lebih cepet selesai dan bunga yang harus dibayar lebih kecil. Inget kan ya yang dikenakan adalah suku bunga flat yang dihitungnya berdasarkan pokok pinjaman awal.

Selain itu, lebih baik mengambil jangka waktu lebih pendek karena pinjaman tanpa agunan ini umumnya tidak bisa dibayar lebih awal tanpa dikenakan penalty. Jadi kalo sudah kadung ambil KTA untuk jangka waktu tertentu, mending bayar saja angsurannya sampai selesai karena kalo mau dilunasi lebih cepat bakalan diminta bayar sisa angsuran yang belom kebayar dan dikenakan penalty sekian-sekian-sekian yang mending terusin ajadeh itu pinjeman.

Semakin lama jangka waktu pinjaman, semakin rugi kita dan semakin bangkrut deh.

Bankrut kalo pinjaman tanpa agunan jangka waktunya lama
Bankrut kalo pinjaman tanpa agunan jangka waktunya lama

Inget ya, KTA diambil untuk bisa lunas secepat mungkin, bukan sepanjang mungkin sampe-sampe gak bisa nyiapin dana yang bisa jadi paling penting buat disiapkan. Nah ini nih bisa jadi salah satu tambahan dari 9 hal yang bikin kalian percuma baca-baca tentang reksadana! Suka minjem duit lewat KTA! 😀 Kenapa kok percuma? Karena selama ada KTA, sayang aja duitnya dimasukin ke reksadana, mendingan ditabung buat ngelunasin KTAnya atau di reksadana disimpen sementara aja sampe waktunya bayar cicilan KTA. 😀

Gw bilang kalo KTA boleh-boleh aja sudah siapkan pembayaran dan sudah tahu ketentuannya.

Sekarang sih masih kepikiran yang ini aja. Kira-kira manteman ada info lain yang mau dishare atau poin penting yang gw kelewat gitu gak di postingan 5 Hal Harus Diketahui Tentang Pinjaman Tanpa Agunan ini? Kalo ada silahkan ditambahkan ke kolom komentas atau kalau nggak ya mensyen twitter gw di @danirachmat.


Baca Juga:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2018. Info Hari Ini . All Rights Reserved
Jl. Delta Raya Utara Kav. 49 - 51 Deltasari Baru, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
PT. Bimasakti Multi Sinergi