Selamat Datang Di Blog Bisnis Online Terpercaya www.maslukis.com


Selasa, 17 Januari 2017

Ingin Menikah, Mulailah Mengatur Keuangan Anda Dari Sekarang

Semua orang sudah pasti ingin berunmah tangga dalam arti menikah untuk membangun rumah tangga. Namun masih banyak orang ketika ingin menikah tidak memiliki rencana yang baik untuk menyongsong pernikahan mereka tersebut sehingga pada saat selesai menikah mereka sulit menemukan keharmonisan rumah tanggal karena hanya urursan keuangan. Setiap oang sudah pasti membutuhkan yang namanua uang untuk membiayai setiap fase dalam siklus kehidupannya. Orang tua bertanggung jawab untuk menyediakan dana pendidikan anak dan memenuhi kebutuhan lainnya, seperti rumah tinggal yang layak serta sarana transportasi. Selain itu, orang tua juga harus menyisihkan sebagian pendapatannya untuk ditabung sebagai persiapan dana hari tua.

Dalam perencanaan keuangan pribadi, kebutuhan untuk membiayai setiap fase disebut sebagai tujuan keuangan pribadi. Tujuan keuangan seseorang dapat dibuat untuk jangka pendek, menengah, jangka panjang, atau kombinasi kedunya. Tujuan keuangan pribadi bersifat unik dan tidak selalu sama bagi setiap orang. Dua orang yang berumur sama pada fase yang sama, belum tentu mempunyai tujuan keuangan yang serupa. Kemampuan finansial serta gaya hidup membedakan tujuan keuangan setiap individu. Kuncinya ada pada perencanaan keuangan yang matang. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan sesuai dengan fase hidup Anda :

• Perencanaan Keuangan Pribadi
Perencanaan keuangan pribadi adalah suatu proses mencapai tujuan keuangan pribadi melalui manajemen keuangan yang terencana dengan baik. Banyak orang yang belum melakukan perencanaan keuangan untuk mencapai tujuan keuangannya. Mereka selalu berharap masa depan selalu baik. Jika masa depan tidak baik mereka pasrah. Anda memang tidak akan bisa merencanakan segalanya, tetapi dengan membuat perencanaan yang baik, setiap orang mempunyai kesempatan untuk mengambil keputusan yang tepat sehingga hasil yang diperoleh pun bisa lebih baik.

• Perencanaan Sebelum Anda Menikah
Pertama-tama kita harus menyamakan dahulu visi antara kita dengan pasangan. Mulailah pembicaraan dengan menceritakan masa kecil masing-masing. Biasanya keinginan orang tua terhadap perkembangan anak akan sangat terpengaruh pada pengalaman hidupnya masing-masing.

• Perencanaan Setelah Menikah
Kebiasaan keuangan yang baik akan menjadi fondasi yang kuat dalam mendukung sebuah Rencana Keuangan. Hal ini dapat dimulai dengan membuat rincian penghasilan dan pengeluaran bulanan. Agar lebih mudah, buat rincian pengeluaran seperti disisihkan untuk ditabung, Untuk cicilan utang, Untuk pengeluaran transportasi, Untuk bantuan keluarga, Untuk pengeluaran anak, dan untuk pengeluaran pribadi. Perhatikan bahwa pengeluaran tersebut akan bertambah seiring dengan membesarnya keluarga Anda nantinya.

• Sebelum Istri Hamil dan saat hamil
Ada beberapa pengeluaran yang perlu mendapat perhatian dalam mempersiapkan kehadiran Anak. Perhatikan dan persiapan dengan rencana yang matang agar ketika istri anda hamil dan saat hamil kebutuhan akan keperluaan hamil dan melahirkan terencana dengan baik dan semua telah rapi anda urus. Jangan sampai semua jadi serba kurang dan serba salah hingga kehadiran anak anda menjadi hal yang buruk bagi anda karena harus ada itu dan ada ini dan akhirnya keluarga anda jadi tidak harmonis nantinya.

• Saat Buah Hati Anda lahir hingga besar
Persiapan dana sangat dibutuhkan pada fase ini karena banyak sekali kebutuhan yang terduga datang ketika anak anda sudah lahir dan pengeluaran anda akan melonjak tinggi pastinya mulai itu dari susu, pokok, jajan itu dan ini dan lain sebagainya. Namun ketika anda sudah merencanakan hal ini dengan menabung ketika anda menikah maka anda tidak akan kelabakan akan kejadian nantinya hadir dalam hidup anda.

• Persiapan Untuk dana pendidikan anak
Perjuangan anda bukan hanya sampai disana situ saja ketika anda memiliki anak karena kita sebagai orang tua sudah pasti ingin anaknya sukses dan memiliki pendidikan dalam hidupnya agar memiliki masa depan yang cerah. Anda sudah pasti sangat paham akan hal ini dan masa pendidikan sekolah tentunya masa yang bukan sebentar dan membutuhkan dana besar pastinya entah itu untuk jangka waktu pendek. Namun ketika anda sudah mulai menabugn dari saat ini maka anda akan keluar dari masalah ini karena keuangan anda akan stabil jika nanti anak-anak sedang menjalani pendidikan.

• Persiapan dana untuk berlibur dan Berbagai dengan Keluarga
Hal ini perlu tentunya, apalagi anda tinggal di perkotaan tentunya ingin berlibur ketempat yang dapat memberikan anda angin segar hanya sekedar mencairkan suasana bising ibukota ataupun menghibur diri dari rutinitas sehari-hari yang sangat melelahkan. Berlibur bukan saja bepergian ke tempat wsiata namun berlibur bersilaturahmi dengan bapak ibu kita juga berlibur namanya. Nah jika keuangan anda menipis maka akan sulit terwujud hal ini dan jika anda sudah menyisihkan dana sebagian untuk hal ini maka anda tidak akan kesulitan pastinya. Itulah beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum anda ingin menikah, namun jangan jadikan hal itu berat dan alasan untuk kau tidak menikah karena setiap orang sudah diatru rejekinya dan apapun dan tulisan ini hanya sebagai acuan untuk merencanakan sesuatu yang baik untuk memulai sesuatu yang baik pula.
Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.


Baca Juga:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2018. Info Hari Ini . All Rights Reserved
Jl. Delta Raya Utara Kav. 49 - 51 Deltasari Baru, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
PT. Bimasakti Multi Sinergi